Amalan Ibadah Yang Disukai Allah swt   Leave a comment


Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra : Rasulullah Saw pernah bersabda, “perbuatan yang engkau lakukan tidak akan menyelamatkan engkau dari api neraka”, mereka berkata, “bahkan engkau sendiri ya Rasulullah?” Nabi Muhammad Saw bersabda, “bahkan aku sendiri, kecuali Allah melindungiku dengan kasih dan rahmatNya. Oleh karena itu lakukanlah perbuatan baik sepatut mungkin, setulus mungkin, sedapat mungkin dan beribadahlah kepada Allah pada pagi dan sore hari, pada sebagian dari malam hari dan bersikaplah al-qashd (mengambil pertengahan dan melaksanakannnya secara tetap) karena dengan cara itulah kamu akan mencapai (surga)”.

Dari hadits diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa, Amalan-amalan ibadah yang paling di cintai Allah swt yaitu mengerjakan sesuatu hal dengan sepatut mungkin yaitu mengerjakan suatu hal yang sepantasnya untuk memberikan kebaikan, baik kepada orang lain maupun terhadap diri sendiri. Mengerjakan kebaikan setulus mungkin yang berarti, kita mengerjakan sesuatu tersebut dengan ikhlas, hanya mengharap amal dari Allah swt. Bukan untuk mendapat pujian dari orang lain.

Sedapat mungkin yaitu kita harus berusaha walau pun banyak suatu hal yang menghalangi suatu kebaikan kita, dan wajib mensyukuri bila memang ini yang pantas untuk kita dapatkan. Ingatlah bahwa Allah swt itu Maha Adil.Beribadah pada pagi dan sore hari bukannya siang harinya itu juga tidak melakukan ibadah, tetapi waktu pagi dan sore hari itulah waktu yang khusyu’ untuk melakukan ibadah kepada Allah swt.

Bersikap al-qashd yaitu kita mendekatkan diri kepada Allah swt di pertengahan malam demi kecintaan kita kepada Allah swt supaya Allah swt tahu bahwa kitalah orang-orang yang memanfaatkan waktu istirahat kita untuk senantiasa beribadah kepada Allah swt.

Hak Cipta

[Luqman Abdurrahman Shaleh]

About these ads

Posted 22 September 2010 by arraahmanmedia in Artikel, Bedah Hadits, Hak Cipta

Tagged with , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: