Singa Mendengar Ucapannya   Leave a comment


Ja’far bin Zaid meriwayatkan, dia berkata, Pada suatu hari kami keluar dalam sebuah peperangan/penyerangan ke Kabul, dalam rombongan pasukan tentara kami terdapat seseorang bernama Shilah bin Ashyam. Ketika itu orang-orang berhenti pada waktu Shalat Isya’, aku berkata, “Benar-benar akan aku perhatikan amaliyahnya, akan aku cocokkan dengan cerita orang-orang tentang ibadahnya yang banyak.”

Ia berdiri untuk mengerjakan Shalat Isya’, lalu berbaring untuk mencuri-curi kelengahan orang-orang. Sampai aku ber-kata, “Semua mata telah tidur lelap. Kemudian ia mengayunkan langkah menuju belukar yang berada di dekat tempat kami singgah. Aku mengikuti langkahnya. Ia mengambil air wudhu’ dan mulai berdiri untuk shalat.

Tiba-tiba datang seekor singa mendekatinya. Sementara aku langsung naik ke atas pohon, Adapun Shilah, sungguh ia tidak bergeming sedikit pun. Ketika ia sujud aku berkata, “Tentu singa akan menerkamnya sekarang ini juga.” Ternyata tak seperti yang kuduga. Setelah salam, ia berkata, “Wahai binatang buas, carilah rizki di tempat lain.”

Singa itu pergi. Sungguh ia seseorang yang memiliki kekuatan wibawa. Aku berkata, “Gunung pun bisa terbelah karena ucapannya.” Dia masih juga mengerjakan shalat hingga menjelang Shubuh ia duduk dan bertahmid dengan bermacam-macam tahmid yang aku belum pernah mendengarnya. Ia berkata, “Ya Allah aku mohon kepadaMu agar Engkau menjauh-kan aku dari api Neraka, namun pantaskah orang seperti aku meminta Surga kepadaMu.”

Kemudian ia kembali ke rumah, seolah-olah ia tidur semalaman di atas tilam. Ketika pagi hari aku merasa ada sesuatu yang membuat tenang. Hanya Allah sajalah Yang Maha Mengetahui segalanya.

Sumber : Al-Hilyah, 2/240.

Posted 1 Oktober 2010 by arraahmanmedia in Islami, Kisah-Kisah

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: